10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Admin | |
Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.

Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10–40 m.

Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”.

Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh. Apa sajakah manfaat dari mengkonsumsi buah mangga bagi kesehatan tubuh? akan kami ulas selengkapnya di bawah ini:
  1. Mengurangi Diabetes
    Buah mangga memiliki indeks glikemik rendah (41-60) sehingga mengkonsumsinya dalam jumlah yang agak banyak, tidak akan meningkatkan kadar gula. Tidak hanya buah, tetapi daun mangga sehat juga. Untuk orang yang menderita diabetes, hanya dengan merebus 5-6 daun mangga rendam sepanjang malam dan minum rebusan airnya setelah disaring di pagi hari. Ramuan ini akan membantu dalam mengatur kadar insulin.
  2. Pencegahan Kanker
    Penelitian telah menunjukkan senyawa antioksidan dalam buah mangga telah ditemukan untuk melindungi terhadap usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. Senyawa ini termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah.
  3. Menyehatkan Mata
    Mata merupakan indra yang penting bagi manusia. Satu cangkir irisan mangga memasok 25% vitamin A, dari asupan harian yang diperlukan. Hal ini mampu menjauhkan dari berbagai penyakit mata seperti rabun senja, kekeringan pada mata dan mata yang gatal.
  4. Pencegahan Asma
    Buah mangga dapat mempengaruhi pengembangan resiko asma menjadi lebih rendah. Hal ini juga terjadi pada orang yang mengkonsumsi jumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten, yang ditemukan dalam manfaat buah pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu dan wortel.
  5. Menjaga Kadar Kolesterol
    Buah mangga memiliki sejumlah manfaat jambu biji, yang mengandung vitamin C tingkat tinggi, pektin dan serat akan membantu menurunkan kadar kolesterol. Mangga segar merupakan sumber yang kaya kalium, yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  6. Membantu Pencernaan
    Mango memiliki enzim yang membantu menghancurkan kandungan lemak dan protein pada makanan yang kita makan. Kemudian kandungan serat pada mangga membantu dalam pencernaan secara alami, yang memudahkan pembuangan sisa pencernaan.
  7. Mencegah Penyakit Jantung
    Buah Mangga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, vitamin E, dan Selenium yang membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Buah Mangga juga kaya akan vitamin B6 yang berperan dalam mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar homocysteine (Homosistein adalah asam amino dalam darah yang merusak lapisan pembuluh darah).
  8. Menurunkan Kolesterol LDL
    Tingginya tingkat pektin dan Vitamin C dalam buah mangga telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol, terutama LDL kolesterol (jahat).
  9. Menurunkan Tekanan Darah
    Karena Buah Mangga tinggi kalium, mungkin membantu dalam mengatur tingkat tekanan darah. Oleh karena itu, makan mangga secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  10. Meningkatkan Memori
    Buah Mangga mengandung asam Glutamin yang dikenal untuk meningkatkan daya ingat atau memori dan menjaga sel-sel otak yang aktif.
Meskipun mengkonsumsi buah-buahan adalah hal yang baik, namun mengatur pola makanan yang dianjurkan kesehatan secara keseluruhan adalah hal yang paling penting dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang beragam daripada berkonsentrasi pada makanan tertentu, sebagai kunci untuk menjaga kesehatan tubuh yang baik.

Advertisement

Related Post

0 Comments for "10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh Anda"